Padepokan "GADUNGMERAH" Virtual

Padepokan Ini Telah Berubah Menjadi www.padepokanvirtual.com

PRITA; Kemajuan Dialog Spiritual

Posted by seq13 on June 8, 2009

Prita, itulah nama yang lagi santer sekarang ini, setelah mencuatnya nama Manohara. Prita mengisi berbagai halaman media massa; cetak maupun elektronik. Mengapa mesti mencuat? Problema yang sedang menimpanya menjadikan dirinya dikenal oleh lapisan masyarakat, karena secuil tulisan di email, ia menjadi berita di Indonesia.

Email ternyata tidak berperan sebagai media komunikasi sederhana saja, melainkan email telah menjadi sesuatu yang revolusioner…ia mampu menggerakkan ribuah orang untuk menyampaikan simpati kepadanya.

Kemajuan teknologi informatika telah merubah wajah dunia yang semakin transfaran dan tidak ada lagi yang tertutup segala apa pun. Privasi tidak lagi menjadi hal yang privasi, melainkan telah bergeser menjadi ranah public.
Permasalahan yang dihadapi Prita merupakan salah satu dari ratusan masalah yang menimpa masyarakat Indonesia. Konsumen senantiasa menjadi obyek dari mesin kapitalisme. Konsumen di negeri Nusantara ini tidak pernah mendapat posisi yang baik bahkan diperhitungkan, melainkan menjadi hal yang merugi selalu, dan selalu. Kapan nasih konsumen menjadi raja?

Berita Prita tidak menarik untuk disimak, tetapi lebih dari itu. Berita ini dapat mendatangkan sebuah inspirasi bagi kita, betapa besarnya peranan informatika bagi masyarakat. Bagaimana informatika dijadikan sebagai media bagi kepentingan kemajuan masyarakat dalam berbagai bidang, tanpa terkecuali.

Melalui email/milis/facebook maupun fasilitas lainnya lagi kita dapat melakukan berbagai hal, baik di antaranya bagi kemajuan ekonomi maupun kepentingan lainnya.

Mendengar informasi ini, saya tertegun dan muncullah sebuah pertanyaan, alangkah dahsyatnya teknologi informatika bagi kehidupan. Saya mencoba mencari celah dari hasil kemajuan IT ini bagi pengembangan dialog spiritual di antara pecinta spiritual. Penyampaian misi spiritual tidak hanya dilakukan dengan konvensional, melalui IT diharapkan dialog lebih intens, bahkan bisa melewati tapal batas bagi terjadinya sebuah dialog efektif. (Rahmat SEQ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: