Padepokan "GADUNGMERAH" Virtual

Padepokan Ini Telah Berubah Menjadi www.padepokanvirtual.com

Memaknai Perbuatan

Posted by seq13 on June 30, 2009

Menarik mencermati perilaku masyarakat kota Jakarta; berbagai tipe ada dan memiliki karakter sendiri-sendiri. Dinamika sosial itu merupakan cermin dari perjalanan hidup sosial di masa-masa lalu, yang sekarang dilalui sebagai konsekuensi terhadap derma yang telah dikerjakan pada masa lalu, dan kehidupan sekarang ini merupakan “pahatan” bagi masa mendatang. Kepiawaian dalam memahat–dalam konteks ini–akan menghasilkan pahatan yang brilian, dan memberikan nilai-nilai konstruktif bagi masa depan hidupnya.

Pemikiran tersebut, jarang sekali disadari, bahkan diingkari manakala telah mendengar infonya. Itulah kekuatan reflesitas terhadap spiritual hidup. Semua perjalanan hidup ini, pada hakikatnya adalah napak tilas kehidupan di masa lalu, dan semua perbuatan kita mengandung makna hakikat; itupun bagi orang-orang yang mau menyelami kehidupan ini sebagai spiritual, namun ketika tidak menghayatinya/menyadarinya, maka kehidupan ini hanyalah kegiatan rutinitas biasa yang semua orang lakukan, dan akan berakhir pada kematian; tidak mengetahui perbuatan apa yang harus disiapkan menjelang alam kehidupan setelah merasakan kematian. Hanya sedikit yang dapat merefleksikan makna kehidupan ini.

Marilah senantiasa memaknai segala kejadian/perbuatan yang kita kerjakan, walaupun sebesar zarah. Dengan demikian, perbuatan kita ini memiliki nilai spiritual yang maha dahsyat yang memberikan efek terhadap pemahaman diri.

Melalui pemaknaan pekerjaan, kualitas diri, pemahaman terhadap eksistensi sejati diri akan mengkristal menjadi sebuah permata yang hidup…menyinari kehidupan luar dan dalam….(Abu Ahmadein)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: